Home » » Kanker Serviks, Pria Perlu Terlibat

Kanker Serviks, Pria Perlu Terlibat

Meski kanker leher rahim hanya ada pada wanita, namun pemberantasan penyakit itu penting melibatkan pria karena lelaki bisa menularkan kanker leher rahim kepada perempuan lain melalui hubungan seks. Meski kanker serviks hanya terjadi pada wanita, namun laki-laku berperan dalam penyebaran. Lelaki yang pernah berhubungan dengan perempuan penderita kanker leher rahim, bisa menularkan kepada perempuan lain melalui hubungan seksual.
Meneg Pemberdayaan Perempuan, Meutia Hatta Swasono menilai, penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan kanker penyebab kematian nomor satu bagi perempuan Indonesia yang melebihi kanker payudara. Sekitar 80% kasus kanker leher rahim terjadi pada wanita yang hidup di negara-negara berkembang. Khusus di Indonesia, ada 90-100 kasus kanker leher rahim per 100.000 penduduk. Setiap perempuan tanpa memandang usia, latar belakang, berisiko terkena kanker leher rahim.
Salah satu penyebab tingginya kasus ini di Indonesia dan negara berkembang lainnya adalah karena mayoritas penderita yang datang berobat sudah dalam keadaan kritis dan penyakitnya sudah dalam keadaan stadium lanjut.
Sedangkan dr Sumarjati Arjoso dari Yayasan Kanker Indonesia menjelaskan penderita penyakit kanker serviks sering tidak menyadari telah menderita kanker ini karena tidak timbul gejala atau tidak memiliki keluhan.
Sementara dr Laila Nuranna yang merupakan dokter spesialis kebidanan --ahli kanker dan ahli kandungan mengemukakan selain meningkatkan kepedulian para wanita terhadap penyakit ini maka upaya sosialisasi ini dikombinasikan dengan inovasi terbaru yakni penggunaan vaksin untuk mencegah infeksi HPV tipe 16 dan 18. ‘’Kami yakin kombinasi deteksi dini dan vaksinasi dapat menekan angka kejadian kanker serviks pada perempuan Indinesia ,’’ kata dr Laila. (Ant)
Koran Pak Oles/Edisi 168/1-15 Februari 2009
Thanks for reading Kanker Serviks, Pria Perlu Terlibat

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar