Home » » 53% Pengguna Narkoba Kalangan Usia Sekolah

53% Pengguna Narkoba Kalangan Usia Sekolah

Pusat Informasi Masyarakat Anti Narkoba Sumatera Utara (Pimansu) mencatat, sekitar 53persen jumlah pengguna narkoba di Sumut sepanjang tahun 2008 merupakan kalangan usia sekolah, yakni pelajar dan mahasiswa.
Persentase itu menjadi bukti bahwa pelajar dan mahasiswa sangat rentan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, kata Direktur Pimansu, Drs. Zulkarnain Nasution, MA. "Jumlah itu masih data yang muncul di permukaan, belum lagi kasus yang belum berhasil diungkap pihak kepolisian," katanya menambahkan.
Nasution menjelaskan, sepanjang tahun 2008 Pimansu mendata hampir seluruh kasus penyalahgunaan narkoba yang berhasil diungkap polisi dan diberitakan media.
Dalam pendataan itu, didapatkan 255 kasus penyalahgunaan narkoba yang 133 kasus atau sekitar 53 persen diantaranya dilakukan pelajar dan mahasiswa.
Dari jumlah 133 kasus itu, pelaku yang paling banyak ditahan adalah kalangan pelajar SLTP dan SLTA yang berjumlah 126 kasus. "Sedangkan dari mahasiswa hanya berjumlah tujuh kasus," katanya.
Menurut dia, kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan usia sekolah paling banyak terjadi di Kota Medan dengan 60 kasus, disusul Kabupaten Deli Serdang dengan 18 kasus dan Kabupaten Asahan 15 kasus.Sedangkan Kota Binjai dan Kota Tanjung Balai masing-masing mengalami 10 kasus. "Semua data itu menjadi bukti bahwa bahaya narkoba sudah `mewabah` ke seluruh daerah dan kalangan usia, termasuk usia sekolah," katanya dilansir Antara.
Koran Pak Oles/Edisi 168/1-15 Februari 2009
Thanks for reading 53% Pengguna Narkoba Kalangan Usia Sekolah

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar