Home » » Sampah Organik Jadi Pakan Ternak

Sampah Organik Jadi Pakan Ternak

Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) siap bekerja sama pihak swasta untuk mengolah sampah jadi pakan ternak dan pupuk organik yang bernilai ekonomis. Direktur PT Semai Indonesia, Candra Satya Irawan, Selasa (27/1) mengatakan pihaknya menawarkan kerja sama kepada pemkot Palembang untuk mengolah sampah menjadi pakan ternak atau pupuk organik.
Dengan teknologi yang disiapkan sampah rumah tangga bisa diolah menjadi pakan ternak ayam, ikan dan pupuk tanaman. Pihaknya memanfaatkan bakteri indenjenius untuk memproses sampah organik sebagai produk bernilai ekonomis tinggi. Selain itu, menyiapkan sejumlah sistem untuk proses sampah organik dengan katalisator khusus sehingga sampah dapat diolah jadi produk yang diinginkan masyarakat. Jika satu liter bakteri indenjenius disemprotkan pada satu ton tumpukan sampah, selama 7-10 hari sampah organik siap diproses jadi produk olahan.
Dalam seminggu dua ton sampah bisa diolah. Pada tahap awal proses sampah organik dilakukan di tempat pembuangan akhir (TPA) Sukawinatan dengan sistem padat karya. Proyek tersebut bermanfaat bagi masyarakat karena menampung banyak tenaga kerja. Saat ini proyek serupa dilakukan di sejumlah kota di Pulau Jawa seperti Jakarta dan Surabaya. Dalam waktu dekat, Palembang, Jambi dan Riau memanfaatkan sistem itu untuk proses sampah organic, sebut Irawan.
Kepala Dinas Kebersihan Kota Palembang, Zulfikri Simin kepada Antara menyambut baik tawaran perusahaan itu. Produksi sampah di daerah itu mencapai 1.200- 2.000 meter kubik sehari. Sebelumnya sejumlah perusahaan telah menawarkan proyek pengelohan sampah di daerah tersebut baik berbasis nasional maupun manca negara tetapi belum satu pun yang terealisir.
Koran Pak Oles/Edisi 168/1-15 Februari 2009
Thanks for reading Sampah Organik Jadi Pakan Ternak

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar