Home » » Hidup Sehat Demi Hati Anda

Hidup Sehat Demi Hati Anda

Hanya kita yang bisa mengatur dan menjaga kesehatan tubuh. Berikan yang terbaik untuk tubuh kita! (dr IM Maitriya, Sp.PD)
Oleh: Wayan Nita
Kanker hati merupakan jenis penyakit dalam yang sering dialami penduduk Indonesia. Pada umumnya, penderita kanker hati pernah terinfeksi virus Hepatitis B atau C.
Menurut spesialis penyakit dalam RSUD Wangaya, Denpasar dr. I.M. Maitriya, Sp.PD, kanker hati diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat. Seperti kebersihan lingkungan yang rendah, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berminyak, menggunakan pengawet atau pewarna, penggunaan obat-obatan dan minuman beralkohol. Selain itu, tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang dapat merusak hati dan memicu kanker hati.
“Hati yang sudah terserang virus hepatitis B sering menyebabkan penyakit menjadi kronis. Kadang-kadang berubah menjadi tumor ganas (kanker hati). Gejala awal terserang kanker hati ini tidak khas. Seringkali pasien datang berobat sudah dalam keadaan terlambat,” ungkap dr I.M. Maitriya.
Hati merupakan organ dalam tubuh manusia yang sangat penting dalam proses metabolisme. Karena hati berfungsi mengubah racun yang diproduksi oleh tubuh menjadi unsur yang diterima oleh organ lain. Hati juga menghasilkan zat empedu yang berguna untuk mengemulsikan lemak dalam makanan.
Jia hati rusak, sebut dr Maitriya, proses metabolisme dalam tubuh terganggu. Daya tahan tubuh akan lemah dan mudah terserang penyakit. Virus yang sudah menyerang hati biasanya ditandai dengan demam, muncul benjolan di perut kanan bagian atas disertai nyeri. Badan menjadi lemas, mual hingga muntah. Namun tidak semua orang mengalami gejala seperti itu.
Dr Maitriya menganjurkan pasien dengan gejala tersebut sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Dan dokter biasanya melakukan serial pemeriksaan laboratorium, USG perut bagian atas dan CT Scan perut. “Pengobatan akan lebih ditekankan pada penyebabnya. Jika virus penyebabnya adalah hepatitis B maka akan diobati dulu,” ungkapnya.
Pencegahan kanker hati dimulai dengan penerapan gaya hidup sehat. Kacang tanah yang sudah lapuk dan menghitam, sebut dr Maitriya, jangan dikonsumsi lagi. Karena kacang sudah mengandung aflatoksin beracun yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, sebisa mungkin tidur sebelum pukul 11 malam dan bangun sebelum pukul 7 pagi. Sebab, malam hari adalah proses pengeluaran zat-zat beracun dalam tubuh, seperti pada bagian hati, empedu, paru-paru dan usus. Jadi proses detoxifikasi harus dalam keadaan tubuh rileks dan tidur agar proses terebut berjalan lancar. Sarapan pagi sangat bagus sebelum jam 9 pagi, karena waktu yang tepat untuk penyerapan gizi makanan bagi usus kecil. “Hanya kita yang bisa mengatur dan menjaga kesehatan tubuh. Jika tidak ingin sakit-sakitan, dari sekarang kita harus memberikan yang terbaik untuk tubuh,” pungkas dr Maitriya.

Tips Cegah Kanker Hati

Pola Hidup Tidak Sehat
1. Tidur larut malam.
2. Sering bangun kesiangan.
3. Jarang sarapan pagi.

Pola Hidup Sehat
1. Tidur sebelum pukul 11 malam.
2. Bangun sebelum pukul 7 pagi.
3. Sarapan pagi sangat bagus sebelum jam 9 pagi.

Makanan/Minuman Berbahaya
1. Kacang tanah yang lapuk & menghitam.
2. Makanan berminyak.
3. Makanan menggunakan pengawet/pewarna.
4. Minuman beralkohol.
Alasan
1. Kacang yang lapuk sudah mengandung aflatoksin beracun yang berbahaya bagi tubuh.
2. Malam hari adalah proses pengeluaran zat-zat beracun dalam tubuh
3. Proses detoxifikasi harus dalam keadaan tubuh rileks dan tidur agar lancar.
4. Sarapan pagi adalah waktu yang tepat untuk penyerapan gizi makanan bagi usus kecil.

Koran Pak Oles/Edisi 168/1-15 Februari 2009


Thanks for reading Hidup Sehat Demi Hati Anda

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar