Home » » Pria Lebih Mudah Tularkan AIDS

Pria Lebih Mudah Tularkan AIDS

Kaum pria lebih mudah menyebarkan virus AIDS melalui sperma daripada wanita. "Wanita lebih mudah tertular AIDS dibanding pria," kata Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN), Dr. Nafsiah Mboi SpA, MPH.
Nafsiah Mboi mengemukakan, virus AIDS tidak hidup di udara bebas, melainkan hanya hidup di darah, air susu, air mani, cairan vagina dan air susu ibu. Dalam hubungan seks, seorang pria yang positif AIDS dapat dengan mudah mennyebarkan virus AIDS kepada lawan jenisnya. "Sperma pria yang mengandung virus AIDS itu dapat dengan mudah menyatu dengan darah wanita," tuturnya dikutip Antara.
Nafsiah memberi demonstrasi sederhana cara penularan virus AIDS dari pria yang terinfiksi kepada wanita sehat. Wanita itu diibaratkan sebagai cangkir minuman kemasan yang kosong, kemudian diisi air oleh pria.
Sebaliknya, kata isteri mantan gubernur NTT dua periode, 1978-1988, Ben Mboi, virus AIDS yang dimiliki oleh seorang wanita sulit menyebar ke tubuh pria, kecuali alat vital yang dimiliki pria tersebut mengalami luka. "Namun jika dilakukan secara terus menerus, dimungkinkan pria tersebut dapat terinfeksi AIDS," katanya.
Menurut dia, pria yang memiliki istri lebih dari satu tidak akan tertular AIDS. "AIDS tidak melihat surat nilah, melainkan prilaku seks baik wanita maupun pria. Sepanjang hubungan seks itu hanya dilakukan untuk istri, itu tidak akan menimbulkan penyakit," kata Nafsiah tersenyum.
Penularan AIDS hanya dapat terjadi melalui seks bebas, hubungan pria dengan pria dan narkoba melalui jarum suntik. "Cara penularan yang tidak mudah itu membuat kami yakin virus AIDS dapat dicegah dengan penguatan iman, menjauhi narkoba dan menggunakan kondom saat melakukan hubungan intim dengan seseorang yang bukan pasangan," katanya.
Koran Pak Oles/Edisi 168/1-15 Februari 2009
Thanks for reading Pria Lebih Mudah Tularkan AIDS

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar