Home » » Kasih Sayang Percepat Penyembuhan

Kasih Sayang Percepat Penyembuhan

Oleh: Hernawardi
Peranan keluarga dan kepatuhan pengobatan akan membantu seseorang dalam penyembuhan sakit jiwa. ’’Peranan keluarga sangat penting dalam proses penyembuhan dan mencegah relaps (kambuh),’’ ujar Kepala RSJ Mataram dr Hj Elly Rosila Wijaya, SpKJ selaku pembicara tunggal dalam seminar kesehatan jiwa bagi masyarakat umum dalam rangka peringatan HUT ke-19 Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mataram.
Ada kesan selama ini jika ada anggota keluarga sakit jiwa cenderung untuk disisihkan. Padahal komunikasi yang baik, perhatian dan kasih sayang lebih mempercepat penyembuhan. ’’Berikan kepercayaan diri pada penderita,’’ ungkap dr Elly, sapaan akrabnya.
Selain itu, untuk kasus ketidakpatuhan terhadap pengobatan disebabkan banyak faktor. Seperti biaya yang mahal, keyakinan, budaya dan tak kalah pentingnya faktor keluarga. Jangankan untuk kepatuhan pengobatan, selama ini juga masyarakat masih jarang untuk membawa anggota keluarganya ke RSJ.
Ada kesan akan malu jika diketahui anggota keluarganya mengidap gangguan jiwa. ’’Kita ingin lakukan advokasi pada masyarakat, makanya untuk tema ulang tahun kali ini tentang advokasi,’’ katanya.
Koran Pak Oles/Edisi 168/1-15 Februari 2009
Thanks for reading Kasih Sayang Percepat Penyembuhan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar